Hai sobat oprek motor, di artikel Saya kali ini yang akan dibahas adalah penyebab aki motor tekor dan mengatasi aki motor tekor terus menerus bahkan berulang ulang. Jika ini terjadi pada motor kesayangan sobat maka bisa Saya bayangkan pengeluaran yang cukup tinggi untuk perawatan motor Anda. Jika motor Sobat menggunakan aki kering maka saya pernah membuat ulasan tentang bagaimana memperbaiki aki kering yang rusak.

aki motor soakKejadian yang sering dialami jika hal ini menimpa Anda adalah seperti ini:

  • Anda merasa bahwa aki anda sudah mulai soak
  • Anda putuskan untuk mengganti dengan jenis aki yang sama, dan setelah beberapa bulan saja ternyata kembali soak lagi.
  • Sobat charge lagi accu tersebut dan kemudian setelah beberapa kali aki menjadi rusak.
  • Sobat membeli dengan accu jenis lainnya misalnya menjadi aki kering atau menjadi aki basah.
  • Beberapa bulan atau hitungan minggu accu kembali soak.

Nah jika itu itu yang sobat alami ada baiknya sobat mengikuti artikel saya tentang Penyebab dan atasi Accu atau Aki Motor Sering Tekor. Ada beberapa langkah yang harus sobat lakukan, yang pertama adalah dengan melakukan pengetesan, cara pengetesannya sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah sebelum sobat putuskan membawa motor kesayangan sobat ke bengkel.

Karena terkadang bengkel yang tidak mengerti tentang kelistrikan akan menyarankan ganti aki baru atau melakukan penge-charge an accu motor sobat, nah,… lho gak ada yang terselesaikan problemnya, betul gak…..

Cara untuk mengetest apakah sistem kelistrikan kendaraan bermotor sobat dalam kondisi sehat adalah sebagai berikut:

  • Pertama sobat siapkan peralatan berupa multi meter tester (disarankan yang digital) agar lebih gampang pembacaannya dan setting panah multi tester ke DC volt sesuai dengan voltase aki Anda.
  • Buka bagian sepeda motor sobat yang terdapat accu, baik accu kering maupun accu basah. Cek terlebih dahulu kondisi dari accu apakah air di dalamnya cukup atau tidak. Jika kurang silakan sobat tambah dengan air aki atau air destilasi (bukan accu zuur yaaa!!!).

Cek Pengisian aki motor agar tidak tekor

  • Lihat positif aki dan negatif dari aki, jangan sampai kebalik ya. Lalu tempelkan positif multitester ke positif aki, dan negatif multi tester ke negatif aki. Jika tidak paham mana negatif dan positif maka biasanya ada warnanya (Merah= Positif dan Hitam= Negatif). Pada saat ini accu harus dalam kondisi terpasang sempurna di motor.
  • Coba lihat tegangan pada aki tersebut, jika menunjukkan angka 11-12,5 atau lebih maka aki sobat masih dalam keadaan baik dan tidak perlu pengisian ulang menggunakan charger accu.
  • Hidupkanlah mesin kendaraan Anda, dan tetap perhatikan tegangan pada multi testernya. Sobat akan melihat pergerakan naik pada tegangan yang terbaca di multi tester. Nah sekarang gas perlahan, ingat ya berlahan saja sampai dengan putaran tinggi.

atasi masalah pada Pengisian aki motor agar tidak tekor

  • Pada saat putaran tinggi idealnya maksimal multi tester akan menunjukkan 14,8 Volt, Jika melebihi tegangan 14,8 Volt maka ada kemungkinan aki jebol karena over charge. Aki yang mengalami over charge pada saat digunakan menjadi sangat panas, dan panas tersebut akan merusak elemen dari aki tesebut.
  • Sebaliknya jika pada saat sobat naikkan putaran gasnya ternyata tidak naik, ini pertanda bahwa sistem pengisiannya bermasalah. Dengan tidak ikut naik maka pengisian aki menjadi lama dan tidak sebanding dengan penggunaannya. Ketika semua piranti dihidupkan dan aki yang digunakan tidak mengalami pengisian secara normal maka aki akan cepat tekor.

Sudah anda lakukan pengetesan ini, selanjutnya saya akan menjelaskan tentang apa penyebab dari hal yang mungkin sobat temui di langkah langkah di atas.

Penyebab Aki Motor Tekor

Permasalahan tersebut penyebabnya adalah ada di 2 tempat, yaitu: Kiprok atau Spul. Khusus untuk overcharge biasanya yang bermasalah adalah kiproknya saja. Kadang kala pada saat putaran tinggi lampu motor sobat langsung menyala lebih terang dari normal dan lebih parahnya bisa putus. Solusinya adalah ganti kiprok motor sobat dengan sparepart original atau jika tidak menemukannya dapat pula digunakan persamaan kiproknya.

kerja kiprok dan spul pengisian listrik aki accu sepeda motorUntuk masalah berkaitan dengan lambatnya pengisian accu motor sobat,segera ke bengkel untuk mengecek apakah kiproknya bermasalah. Jika yang bermasalah adalah kiproknya segera ganti dengan yang baru, jika tidak ada masalah dengan kiprok maka lakukan pengetesan pada spul nya. Sobat akan temui bahwa ternyata spul sudah rusak dan harus diganti dengan yang baru, gunakan sparepart original ya. Jika motor sobat tergolong susah sparepartnya maka dapat diperbaiki di bengkel dinamo dengan dililit dengan kabel yang baru.

gulung spul dinamo pengisian motorJika sobat memutuskan untuk menggulung dinamo spul maka pilihlah kawat kumparan yang berkualitas dan usahakan sama dengan aslinya, jangan mengganti dengan yang lebih kecil atau besar. Terlalu besar akan berefek pada output yang terlalu tinggi sehingga dapat merusak kiprok dan accu. Terlalu kecil maka pengisian menjadi lemah dan menyebabkan aki cepat tekor.

Selamat mencoba ya guys, semoga artikel ini dapat membantu sobat mengatasi Aki Motor yang Sering Tekor. O ya, jika sobat rasa artikel ini berguna silakan share dengan yang lainnya. Jika ada yang ditanyakan silakan isi komentar, semoga Saya dan sobat lain dapat membalasnya. Terima Kasih.